Senin, 22 Oktober 2007

tugas uts resensi buku eavluasi program pendidikan

Resensi buku Evaluasi Program Pendidikan

  1. Identitas buku :

Judul buku : Evaluasi Program Pendidikan “pedoman teoritis praktis bagi praktisi pendidikan”.

Nama pengarang : Prof. Dr. suharsini arikunto dan cepi safruddin abdul jabar.

Penerbit : bumi aksara.

Tahun terbit : 2004

Jumlah halaman : 152 + V111

Illustrasi kulit / sampul : sampul berwarna abu-abu campur kehijau-hijauan dengan gambar sebuah pensil yang batangnya berwarna kuning.

  1. Isi buku

- Latar belakang penulis : penulis adalah seorang yang sangat berpengalaman dalam melakukan monitoring dan evaluasi (M&E) baik dalam kegiatan nasional maupun regional. Dia juga seorang pengarang buku yang handal khususnya buku-buku bidang pendidikan, seperti : buku sosiologi dan antropologi pendidikan.

- Buku ini membahas tentang berbagai hal yang berkenaan dengan evaluasi program pendidikan. Diawali dengan bab pertama yang membahas mengenai konsep dasar evaluasi program. Bab selanjutnya mengkaji tentang model dan rancangan evaluasi program, perencanaan dan pelaksanaan evaluasi program, analisis hasil evaluasi, cara menyusun laporan evaluasi, dan pada bab terakhir membahas tentang mengenai tata tulis laporan evaluasi.

  1. Kelebihan dan kekurangan
  1. Kelebihannya : setiap bab terdapat ringkasan materi, dalam penjelasannya dapat memotivasi pembaca, covernya bagus dan simple (tidak banyak gambar).
  2. Kelemahannya : pada hal. 133-148 cetakannya tidak bagus sehingga bagi yang membecanya sulit untuk memahaminya karena tulisannya doble.

Tidak ada komentar: